Selamat Datang


Semoga Tulisan ini menambah wawasan kita tentang apa, kapan, bagaimana, siapa, di mana, berapa
.... segala sesuatu di Pramuka ....
Bila ada yang kurang benar, salah dan kurang enak dipandang, saran dan kritiknya ya
... masih tahap pengembangan nih ...

............. (^-^) ................................

html

Sabtu, 15 Februari 2014

Bermanfaatkah Tepuk Tangan itu ?

1. Tepuk tangan merupakan kegiatan yang sudah sangat identik dengan kepramukaan. Kegiatan yang tampaknya hanya bermain-main ini, ternyata berdasar penilitian para ahli dinyatakan bahwa tepuk tangan dapat bermanfaat untuk mengembangkan dan meningkatkan kebutuhan emosional, fisiologis, sosiologis dan kognitif anak dan remaja sebagai bekal untuk menuju ke tahap pertumbuhan berikutnya.

2. Tepuk tangan dapat meningkatkan kesehatan, karena di dalam organ telapak tangan terdapat pusat syaraf dari semua bagian tubuh. Di telapak tangan terdapat banyak anyak sekali syaraf penghubung kesemua bagian tubuh, setiap syaraf membuat koordinasi sendiri dan menghasilkan efek baik bagi organ organ lainnya. Oleh sebab itu apa bila kita bertepuk tangan maka semua bagian syaraf akan tertekan dan bereaksi sesuai dengan fungsinya, semakin kita sering bertepuk tangan maka semakin lancar peredaran syaraf , atau dalam arti kata melatih kerja organ tersebut.

3. Bertepuk tangan yang baik bagi kesehatan adalah dengan meletakan semua bagian (permukaan tangan yang satu dengan permukaan tangan lainnya). Kemudian tepuk secara berirama, dalam durasi yang cukup sehingga permukaan tangan terasa semakin panas dan membawa efek perubahan ke seluruh organ tubuh.

4. Dr. Idit Sulkin, anggota BGU Music Science Lab in the Department of the Arts, melakukan penelitian terhadap anak satu, dua dan tiga di sekolah dasar dengan membandingkan antara anak yang ikut menyanyikan lagu sambil bertepuk tangan dan yang tidak ikut. Hasil penelitian menemukan bahwa anak-akan yang ikut kegiatan bernyanyi dan bertepuk tangan memiliki keterampilan motorik yang lebih baik sehingga anak-anak itu dapat menulis dengan lebih baik, tulisan yang rapi, dan hanya sedikit membuat kesalahan dalam mengeja dibandingan anak-anak yang tidak ikut. Tepuk tangan mampu mempengaruhi hormon kecerdasan di otak sehingga merangsang otak untuk mempengaruhi perkembangan daerah otak yang lainnya.

5. Dalam penelitian yang sama ditemukan bahwa tepuk tangan mampu melatih integritas sosial dan sikap emosional anak-anak. Suasana riang gembira, kekompakan untuk menghasilkan irama yang indah, kebersamaan dan keceriaan ternyata telah melahirkan kesadaran akan pentingnya tanggungjawab, menjaga kebersamaan dan membantu anak-anak untuk menghayati dan merasakan keindahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar