Selamat Datang


Semoga Tulisan ini menambah wawasan kita tentang apa, kapan, bagaimana, siapa, di mana, berapa
.... segala sesuatu di Pramuka ....
Bila ada yang kurang benar, salah dan kurang enak dipandang, saran dan kritiknya ya
... masih tahap pengembangan nih ...

............. (^-^) ................................

html

Senin, 04 Mei 2015

Hobiku Pramuka

Berkegiatan di luar rumah adalah kegemaranku, apalagi naik gunung, hampir setiap minggu aku dan teman-temanku akan naik ke atas gunung. melihat indahnya pemandangan. desaku termasuk daerah pegunungan. di sebelah selatan dengan gunung Welirang dan Arjuno sedangkan di sebelah utara gunung Penanggungan dengan berbagai sebutan. selain itu aroma tanah, jatuhnya dedaunan, semilir angin berhembus. medan yang dilalui seakan memberikan arti tersendiri bagiku. 
          Kegiatan yang biasanya dilakukan bercengkrama dengan alam. dekat dengan orang-orang, teman, tanpa memandang status sosial, berbagi makanan, minuman dan kadang kala berbagi kisah.  itu semua merupakan rasa yang tak kan pernah hilang sampai kapanpun hanya waktu yang akan memudarkan kenangan naik ke puncak gunung. kegiatan yang ada dan sedikit membantu mempertahankan rasa itu adalah Pramuka. Dengan pramuka kita dapat belajar memberi, menerima, mengembangkan bakat yang hilang maupun bakat terpendam, belajar bersabar, bercengkrama dengan adik-adik, teman, kadang orang tua. berkegiatan di luar setiap tiga bulan sekali sudah membuat bahagia dan bangga karena rasa itu terobati. banyak yang berangkat dari rumah untuk mengikuti kegiatan pramuka berawal dari niatan untuk mencari sahabat, teman yang banyak, pengalaman, materi, baju yang keren, pangkat atau tingkatan dalam kegiatan pramuka bahkan uang.
         Sungguh dapat dirasakan dengan logika, jika dahulu mungkin juga sampai sekarang menurut sebagian besar masyarakat bahwa kegiatan pramuka dianggap biangnya sakit, mencari kegiatan semata, menghabiskan uang, tidak ada gunanya sama sekali.  mereka yang beranggapan seperti itulah yang dapat menjadikan generasi kita bermental rendah, akibat dari rongrongan keluarga seperti itulah batin mereka terkoyak, bagaimana mereka belajar menghargai orang lain ? bagaimana mereka belajar mencintai lingkungannya?  bagaimana mereka mengembangkan diri ?
          Pramuka banyak kegiatannya, diantaranya menggambar, menulis, bercerita, berkarya, bereksperimen, mendongeng, berlatih ketrampilan, olahraga, bermain musik, seni, bermain, bernyanyi, dll. jika anak tidak kita kekang melainkan kita biarkan mengikuti seluruh proses kegiatannya hasilnya akan dapat dirasakan apabila mereka sudah dewasa. pemikiran jangka panjanglah yang dibidik oleh Pramuka, interaksi dengan orang lainlah yang dijadikan pemikiran jangka menengah, dan pengembangan diri adalah pemikiran jangka pendek. hasilnya hanya bisa dirasakan apabila seorang anak sudah ingin membhaktikan dirinya secara utuh kepada Pramuka, maka ia akan merasakan manfaatnya.
          Sekarang, Pramuka mengubah kehidupanku, cara pandangku, berbicaraku, karena Pramuka adalah hobiku ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar