Selamat Datang


Semoga Tulisan ini menambah wawasan kita tentang apa, kapan, bagaimana, siapa, di mana, berapa
.... segala sesuatu di Pramuka ....
Bila ada yang kurang benar, salah dan kurang enak dipandang, saran dan kritiknya ya
... masih tahap pengembangan nih ...

............. (^-^) ................................

html

Kamis, 10 September 2015

Profil Organisasi KAPPAHS



Kita dan Lingkungan ” !!!
Mengapa masyarakat kita yang katanya berbudaya memiliki keadaan pencemaran lingkungan yang luar biasa seperti pencemaran air, udara, tanah dan sebagainya. Tidakkah pengertian berbudaya telah usang dalam masyarakat kita ? terus bagaimana dengan diri kita masing – masing ?
Pencemaran dan perusakan lingkungan bukan semata – mata bersumber dari kemiskinan, kelebihan penduduk, teknologi yang tidak terkontrol, dan kurangnya peraturan hukum, akan tetapi karena lebih banyak disebabkan oleh menurunnya kesadaran adaptasi kolektif dan rendahnya tanggung jawab masyarakat terhadap lingkungan alam sekitar.
Melihat serta merenungi dari kenyataan tersebut diatas kami selaku generasi muda tergugah untuk meningkatkan kesadaran, kepedulian serta tanggung jawab terhadap lingkungan alam sekitar demi keutuhan ekosistem alam dengan mewujudkan kesadaran, kepedulian serta tanggung jawab mencintai lingkungan alam sekitar dengan bentuk kegiatan yang nyata.

ORGANISASI PRAPALA MA. “ WAHID HASYIM ”
“ K A P P A H S ”
( Komunitas Arek Pramuka, Pecinta Alam Wahid Hasyim TrawaS )


A.    PENDAHULUAN
Bermula dari Hobby serta kegemaran berkegiatan dialam bebas, seperti mendaki gunung, berkemah, / Hiking Tracking serta kegiatan didalam ke Pramukaan yang dimiliki beberapa Siswa – Siswi MA. “Wahid Hasyim” Trawas, merupakan cikal bakal terbentuknya suatu wadah guna menampung minat bakat serta hobby keorganisasian dalam bentuk wadah perpaduan antara Pramuka dan Pecinta Alam (  PRAPALA ) di MA. “Wahid Hasyim” Trawas.
Gagasan serta Ide – ide untuk mendirikan organisasi ini bermula ketika pada tanggal 12 April tahun 2002, beberapa dari siswa – siswi MA. “Wahid Hasyim” ikut serta dalam kegiatan pendakian gunung bersama dengan tujuan Gunung Welirang yang disaat itu didampingi oleh salah satu dewan guru ( Bapak ATIEM POEGOE WASONO, S.Pd ) bersama dengan Pecinta Alam RINGGIT dari SMU Sejahtera Prigen, serta kegiatan berkemah yang diadakan pada saat lepas pisah kelas III / XII pada periode tahun 2003, disana untuk pertama kalinya dikenalkan teknik kegiatan Prusic Repling dan periode 2004, Para Dewan Guru pada saat itu pun juga turut ikut serta mendampingi kami, yang bertempat sama yaitu di Pantai Gondang Merak salah satu pantai diwilayah pasuruan dekat dengan pantai Bale Kambang. Maka dari sanalah timbul keinginan untuk membentuk wadah organisasi bagi siswa – siswi yang mempunyai kegemaran dalam kegiatan dialam bebas seperti tersebut diatas.
Untuk pertama kalinya pada tanggal 12 September 2007, kami atas nama Siswa – Siswi baik dari OSIS maupun dari perwakilan kelas X s/d XII dengan dibantu oleh salah satu kakak dari alumnus periode 2003 ( Yahya ), kami mengadakan rapat koordinasi yang bermaksud untuk merealisasikan sekaligus mendirikan suatu wadah organisasi dalam menjebatani keinginan Siswa – Siswi serta Alumnus MA. “Wahid Hasyim” untuk menghidupkan kembali kegiatan Ektrakulikuler baik Pramuka dan Pecinta Alam disekolah tercinta ini, serta ingin memajukan sekolah MA. “Wahid Hasyim” dibidang Dedikasi dan Pembinaan Siswa – Siswi dalam mencetak insan - insan / Generasi Penerus Bangsa yang bermutu, berakhlak serta berbudi pekerti yang luhur.

B.     NAMA, TEMPAT & KEDUDUKAN ORGANISASI
a.  Organisasi ini bernama : KAPPAHS ( Komunitas Arek Pramuka, Pecinta Alam Wahid Hasyim TrawaS ).
b.  Organisasi ini bertempat di : Jln. Ki Ageng Tambak Boyo No. 91 Ketapanrame tepatnya di MA. “Wahid Hasyim” / sebagai Base Camp.
c.  Organisasi ini berkedudukan sebagai organisasi Ektrakulikuler dibawah OSIS.

C.    ANGGOTA
Anggota KAPPAHS berasal dari Siswa – Siswi serta Alumnus MA. “Wahid Hasyim” dengan ketentuan bahwa yang bersangkutan berkesanggupan untuk ikut serta memajukan sekolah dalam bidang keorganisasian dan dinyatakan telah memenuhi persyaratan – persyaratan keanggotaan yang telah ditetapkan dalam AD / ART organisasi KAPPAHS ( Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga ).

D.    VISI dan MISI KAPPAHS
1.VISI KAPPAHS :
a.       Sebagai wahana atau wadah berhimpunya bagi siswa – siswi serta alumnus MA. “Wahid Hasyim” yang gemar berkegiatan dialam bebas khususnya kegiatan peduli lingkungan.
b.      Sebagai wadah untuk menampung dan menyalurkan Aspirasi para siswa – siswi serta alumnus dibidang keorganisasian yaitu Pramuka dan Pecinta Alam.
c.       Sebagai wadah komunikasi, interaksi dan aktualisasi para siswa – siswi serta alumnus dalam memupuk, mengembangkan, menumbuhkan sifat serta sikap sebagai generasi penerus bangsa yang nantinya dapat diandalkan dan di bangakan.
d.      Sebagai wadah kaderisasi para generasi muda dalam menciptakan dan mempersiapkan kader – kader yang memiliki kesadaran dan tanggung jawab yang tinggi dalam memperjuangkan serta menjunjung tinggi makna Ideologi Bangsa dalam kehidupannya sehari – hari.

2.MISI KAPPAHS :
a.       Terciptanya siswa – siswi yang benar – benar berjiwa peduli atas keadaan sekitar pada khususnya serta terhadap lingkungan alam pada umumnya.
b.      Terciptanya siswa – siswi sebagai generasi yang disiplin sebagai cerminan jiwa patiotisme Bangsa.
c.       Terciptanya siswa – siswi yang berpendirian yang kokoh dalam mengamalkan dan menjunjung tinggi Ideologi Bangsa ( PANCASILA ).
d.      Terciptanya jalinan silahturahmi yang erat atau jalinan kekeluargaan yang kokoh diantara siswa – siswi, alumnus serta kepada para Dewan Guru pada khususnya dan masyarakat sekitar pada umumnya.
e.       Terciptanya generasi penerus Bangsa yang selalu / senantiasa siap sedia dan dapat dibangakan.

E.     RUANG LINGKUP KEGIATAN
Dibawah ini gambaran tentang ruang lingkup kegiatan organisasi KAPPAHS :
1.      KAPPAHS dilihat dari struktur keorganisasian dalam lembaga sekolah terletak dibawah OSIS. Maka dalam kegiatan berupa apapun yang dilaksanakan oleh OSIS, anggota KAPPAHS wajib ikut serta dalam mensukseskan kegiatan tersebut karena KAPPAHS merupakan bagian dari OSIS                         MA. “Wahid Hasyim”.
2.      Kegiatan keorganisasian KAPPAHS baik bersifat rutinitas dalam bentuk materi maupun dalam bentuk praktek dilapangan dilaksanakan dalam jangka waktu ( semisal : 2 s/d 3 kali pertemuan dalam setiap bulannya ).
3.      Koordinasi atau rapat organisasi diadakan setiap 3 ( tiga ) bulan sekali, yang dimaksudkan untuk memberikan laporan kegiatan kepada Pembina dan Kepala Sekolah, serta melakukan persiapan dalam kegiatan yang dilaksanakan organisasi baik itu yang bersifat rutinitas atau yang lainnya, serta membantu kegiatan OSIS bila ada.

F.     KEPENGURUSAN
Kepengurusan diadakan atau berjalan selama 1 ( satu ) periode dalam 1 ( satu ) tahun, serta akan diadakan Resafel / pergantian kepengurusan setelah 1 ( satu ) masa periode kepengurusan tersebut berakhir. Dalam memasuki periode kepengurusan yang baru terdapat masa Transisi ( uji coba ) dalam waktu 3 ( tiga ) bulan pertama, yang bertujuan agar kepengurusan yang baru dapat mempersiapkan program kerja organisasi selanjutnya. (untuk bagan dan struktur organisasi terlampir pada lampiran 1). 

G.    LOGO atau SIMBUL KAPPAHS
1.      Kriteria :
a.       Arah Mata Angin 8 ( delapan ) penjuru dengan warna hitam putih.
b.      Tulisan “ KOMUNITAS AREK PRAMUKA, PECINTA ALAM WAHID HASYIM ” dengan warna hitam, membujur dari kanan ke kiri diantara arah mata angin.
c.       Api membara menyala kuning keemasan dengan 7 (tujuh) lidah api terletak dibelakang lingkaran berwarna biru didalam lingkaran terdapat bunga warna merah berkelopak 5 ( lima ).
d.      2 ( dua ) sayap yang terbentang warna putih dengan garis tepi bulu warna hitam, masing – masing sayap memiliki 8 ( delapan ) helai bulu, disayap kanan terdapat symbol Kepanduan Dunia dengan warna ungu, pada sayap kiri terdapat symbol Pramuka dengan warna coklat.
e.       Pita dengan warna biru yang membujur serta didalamnya terdapat tulisan “ KAPPAHS ” dengan warna putih.
f.       Dibawah pita terdapat tulisan “ TRAWAS ” dengan warna hitam.

2.      Arti atau Kiasan Lambang :
a)      Arah Mata Angin 8 ( delapan ) penjuru : Pedoman, adanya keyakinan atas tujuan.
b)      Tulisan yang membujur : Adanya satu kesatuan dari 2 ( dua ) sisi / latar belakang yang berbeda                    ( Pramuka & Pecinta Alam ) yang disatukan dan dapat saling mengisi satu sama lain.
c)      Kedua sayap yang membentang : Keprasahajaan dan keterbukaan dalam melihat, memahami, memilah, memilih maupun dalam memutuskan sesuatu serta dalam menyikapi perbedaan yang ada.
Ø Kepanduan dan Pramuka bersifat universal dalam organisasi KAPPAHS.
Ø 16 (enam belas) helai bulu sayap :
» 5 (lima) helai mengkiaskan ; PANCASILA
» 3 (tiga) helai mengkiaskan ; Asas Pecinta Alam
» 7 (tujuh) helai mengkiaskan ; Kode Etik Pecinta Alam
» 1 (satu) helai mengkiaskan ; Sandi Ambalan ( AMBALAN “WAHID HASYIM” )
» 3 (tiga) Penopang Sayap mengkiaskan ;
* Sebagai Makluk Beragama
* Sebagai Makluk Sosial
* Sebagai Makluk Individu.
d)     Lingkaran Biru didalamnya terdapat Bunga Merah Berkelopak Lima : Kebulatan tekat untuk memegang teguh serta mengamalkan Ideologi Bangsa ( PANCASILA) dalam mewujudkan kedamaian.
e)      Api yang Membara : Semangat jiwa yang tak pernah padam dalam mengapai cita – cita, melaksanakan kewajiban, memperjuangkan kebaikan dan kebenaran.
Ø 7 (tujuh) Lidah Api mengkiaskan ; Motto KAPPAHS.
f)       Pita : Mudah dalam menyesuaikan diri atau dapat beradaptasi kapan saja dan dimana saja.
g)      Tulisan “ KAPPAHS ” : Nama organisasi yang terbentuk dari perpaduan antara PRAPALA                 ( Pramuka dan Pecinta Alam ) di MA. “ Wahid Hasyim ” Trawas.
h)      Tulisan “ TRAWAS ” : Wilayah Kecamatan / tempat / alamat organisasi KAPPAHS terbentuk di MA. “ Wahid Hasyim.
i)        Warna :
Ø Warna Merah : Keberanian/Berani karena benar (lidah api, lingkaran, bunga berkelopak lima).
Ø Warna Putih : Kesucian dalam sifat, sikap yang tercermin dalam perilaku sehari – hari (sayap & tulisan KAPPAHS).
Ø Warna Kuning Keemasan : Kemuliaan serta Budi Pekerti Yang Luhur (bara api).
Ø Warna Biru : Kedamaian (pita).
Ø Warna Ungu : Ketenangan (symbol kepanduan).
Ø Warna Coklat : Kesuburan (symbol pramuka).
Ø Warna Hitam : Keteguhan serta Kemantapan (arah mata angin, tepian sayap, tepian pita).
H.    ANGGARAN DANA
Sebagai organisasi yang berkeinginan agar tetap Exis dan dapat menjalankan roda keorganisasian salah satunya dengan pengerakan dibidang anggaran dana yaitu yang diperoleh dari :
1.      Iuran Pokok ( wajib ) dari anggota yang telah menjadi kesepakatan bersama dalam pelaksanaan serta nilai besarnya iuran anggota.
2.      Iuran Suka Rela yang pada tiap kali diadakan forum atau rapat organisasi yang tidak ditentukan besar nilainya.
3.      SHU ( sisa hasil usaha ) yang diperoleh dari kegiatan peningkatan kreatifitas dan pengembangan usaha organisasi.
4.      SHK ( sisa hasil kegiatan ) yang diperoleh dari atau setelah dan dalam kegiatan atau event tertentu yang dilaksanakan atau diikuti organisasi.
5.      Dari Sponsor ( sumbangan yang mengikat dalam tempo waktu tertentu ) dalam bentuk usaha / event tertentu ( kegiatan bersama ).
6.      Lain – lain yaitu sumbangan yang tidak mengikat dari pihak lain.

I.       PENUTUP
Demikian proposal pengajuan berdirinya organisasi KAPPAHS ini kami buat, dengan besar harapan agar nantinya dapat dijadikan pertimbangan sekaligus pijakan untuk exis dan berkembangnya organisasi KAPPAHS ini kedepan.
Sebelum dan sesudahnya untuk segenap pihak yang ber itikad baik dalam mendukung sukses berdirinya organisasi KAPPAHS ini, kami mengucapkan beribu terima kasih.


Trawas, 13 September 2007.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar